Sunday, March 7, 2010

Mengenal Jerawat

Jerawat...
Hmmm....

Memang suatu hal yang menyebalkan karena selain bikin penampilan jadi ga OK juga bikin ke-PeDe-an kita munurun. Ga jarang kita dengar kata 'jerawat', tapi sebenernya, apa sih jerawat itu ?

JERAWAT adalah semacam penyakit kulit, karena kondisi kulit yang tidak seimbang hormonnya, akibatnya terbentuklah penebalan pada permukaan kulit dan menutupi pori-pori wajah yang berupa bintik besar yang tidak sedap dipandang mata.

Bagaimana jerawat bisa terjadi ?

Sebenarnya penyebab jerawat ada 3 hal, yakni :

1. Aktivitas Hormonal yang Mengaktifkan Produksi Kelenjar Minyak Terlalu Aktif
Yang dimaksud dalam hal ini adalah proses perubahan atau siklus hormonal yang terjadi pada seseorang.
Ketika menginjak pubertas atau kedewasaan, seseorang akan memproduksi hormon androgens yang lumayan banyak sehingga menyebabkan sebum (kelenjar minyak) pun tambah banyak pula.
Pada masa siklus menstruasi perempuan bisanya juga akan terjadi perubahan hormonal yang bisa mengakibatkan tingkat produksi kelenjar minyak berlebihan.

2. Penyumbatan Pori-Pori
Kulit mati yang menumpuk atau terakumulasi akan menyebabkan tersumbatnya folikel dan pori pori, hal tersebut bisa menyebabkan jerawat karena tidak ada jalan keluar bagi kelenjar minyak dan akan menyebabkan terbentuknya komedo.

3. Penginfeksian Bakteri
Bakteri Propionibacterium Acnes yang berada di dalam pori-pori kulit adalah faktor UTAMA penyebab jerawat dimana bakteri ini menginfeksi kelenjar minyak yang ada di dalam pori-pori kulit kita.

Selain mengenali jenis kulit, ada perlunya juga lho mengenali jenis-jenis jerawat...
Apa sajakah mereka ?

Berdasarkan tipenya, komedo dibedakan menjadi 4 :

1. Tipe Non-Inflamatory
ialah jenis jerawat yang tidak menimbulkan rasa sakit dan ukurannya tidak akan bertambah besar.
Yang termasuk kategori ini adalah Komedo.
Komedo adalah nama ilmiah dari pori-pori yang tersumbat, baik terbuka maupun yang tertutup. Oleh karena komedo ada yang terbuka dan tertutup, maka jenis komedo sendiri dibedakan menjadi :

 a. Komedo Hitam (Blackhead) : komedo yang terbuka, sering terlihat seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam. Warna hitam tersebut bukanlah kotoran melainkan menyumbatan pori-pori yang berubah warna karena telah teroksidasi oleh udara.

b. Komedo Putih (Whitehead) : komedo yang tertutup karena memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat, oleh karena itu terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit. Jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebih pada kulit.



2. Tipe Inflamatory
ialah jenis jerawat yang sering menimbulkan rasa sakit dan kemungkinan bisa terus bertambah besar, biasanya ditandai dengan berwarna merah. 
Berbeda dengan komedo, penyebab jerawat ini tidak hanya karena pori-pori yang tersumbat tetapi juga karena telah terinfeksi oleh bakteri. Yang termasuk kategori ini adalah :

a. Papule : termasuk jerawat sedang yang biasanya ditandai dengan warna merah dan berukuran kecil







b. Pustule : papule yang telah berisi pus / benda putih yang berbentuk seperti nasi. Biasanya ditandai dengan warna merah di bagian tepinya dan putih di bagian tengah.






c. Nodule : termasuk jerawat besar. Ukurannya lebih besar dari pustule dan biasanya akan terasa sakit jika disentuh .







d. Cystic Acne : jenis jerawat yang paling parah, ukurannya besar bahkan terkadang sangat besar sehingga terlihat seperti bengkak. Berbeda dengan jenis jerawat lainnya, jenis ini biasanya menyebar ke seluruh wajah (tidak hanya di satu tempat saja). Kebanyakan penderita Cyst seringkali juga memiliki anggota keluarga yang mengalami hal serupa sehingga kemungkinan besar jerawat ini bersifat genetik.


3. Milia
ialah bintik-bintik putih yang hampir menyerupai whiteheads tapi ukurannya jauh lebih kecil sehingga baru terasa jika diraba. Milia bisa terjadi pada bayi yang baru lahir, anak-anak maupun oranng dewasa.

4. Acne Rosacea
ialah jenis jerawat yang paling dan sangat sulit disembuhkan. Bentuknya sangat mengerikan karena biasanya menyebar ke seluruh wajah bahkan tubuh. Penyakit ini adalah gabuangan dari jerawat dan rosacea.

Gimana...?? ternyata banyak banget yah jenis jerawat itu.... dan jerawat juga ga bisa kita sepelekan, meskipun hanya milia atau komedo oleh karena itu cegahlah jerawat sedini mungkin dengan rutin mejaga kebersihan wajah kita. Pilihlah perawatan untuk wajah yang sesuai untuk jenis wajah kita...
Segala perawatan wajah untuk segala jenis kulit telah Oriflame sediakan yang terbaik untuk kita lho... dari kulit kering hingga kulit kombinasi, dari usia remaja hingga usia dewasa, dari perawatan dasar hingga perawatan tambahan.... tinggal penerapannya aja... perangi musuh terbesar kita yakni eM A eL A eS alias MALAS...^^
Enjoy and Share :